jumat agung, rabu abu, kamis putih. tidak ada jadwal untuk insiden-insiden yang berpotensi mencelakaimu

2017 dibuka dengan 5 menit transaksi
2 menit janji, (bertemu tanpa basa basi)
40 menit tuntas birahi.
Lalu kau pergi. danAkutersesat (12 bulan)
sampai sekarang sudah Desember
: hasratMu memang tak kenal waktu
dan kau tak menemukan tubuh yang disayat stigmata nenek moyangmu
Januari akan dimulai: berarti kau boleh mengulangi
sudah beruntung bisa merasakan tahun ini,

Banyak peristiwa gagal jadi puisi. hidupmu bergelantungan di antara sisa-sisa hari pada kalender; ada libur nasional, ada hari pahlawan, ada waisak, ada puasa, ada lebaran, ada nyepi, ada hari-hari kudus: jumat agung, rabu abu, kamis putih. tidak ada jadwal untuk insiden-insiden yang berpotensi mencelakaimu.

Apakah menarik menulis kesedihan yang itu-itu saja. tidak variatif. mungkin kamu akan menyesal membaca semua ini, jadi seperti kitab suci dengan ayat dan riwayat yang tidak boleh diubah. tidak tahu apakah pasca lembar, demi lembar seorang boleh merubahmu ke dalam cerita yang menarik. ia tentu tidak sedang menulis wahyu, meskipun separo hidupnya ditakdirkan sebagai kutukan karena harus mencari tubuh yang sama: dinodai stigmata dari nenek moyang kalian, jutaan tahun yang lalu.

Hidupmu tidak akan sampai angka jutaan, tapi kutukan abadi datang dari masa lalu yang jutaan tahun itu. kutukan telah masuk tidak sengaja dalam bubur yang pernah dibuat ibu dengan santan dan tepung terigu; sejak itu kau lahir, dan disabda harus menemukan bagian-bagian dari kutukan yang kau terima dalam diri jutaan orang-orang yang bersijingkat bahagia mendengar suara dari radio, sampai akhirnya memilih melihat gambar dari televisi. dan I am large, I contain multitudes: cerita-cerita romantis dari sinetron kejar tayang yang validitasnya mendekati 0 dalam hidupmu. beberapa tahun kedepan kau berharap ada jadwal kejar tayang untuk skenario-skenario menarik yang mungkin kau akan jadi tokoh utama dengan lawan main yang sama sekali tak berinteraksi denganmu. kalian terjebak dalam kisah yang terpisah.

Sleman, Jumat, 8-1217

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s